Sistem aquaponik dan hidroponik bukan hanya dapat menanam tanaman jenis sayuran daun seperti kangkung, bayam, selada dan sejenisnya, tapi juga dapat untuk menanam tanaman yang lebih besar seperti cabe, tomat, timun dan tanaman-tanaman besar lainnya. Namun untuk menanam jenis tanaman ini diperlukan suatu sistem yang dapat menopang tanaman tersebut sehingga tidak akan roboh.

Dutch Bucket System – DBS adalah salah satu model dalam sistem aquaponik dan hidroponik yang dapat diaplikasikan untuk jenis tanaman besar. Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara membuatnya.


Langkah 1 – Siapkan Bahan

 

 

 


 

Langkah 2 – Buat Lubang

Buatlah lubang di salah satu dinding ember bagian bawah dengan jarak sekitar 7 cm dari dasar ember.

Gunakan holesaw untuk membuat lubang yang rapih. Pastikan ukuran holesaw yang digunakan sesuai dengan ukuran sock drat atau uniseal yang akan dipasang.

 

 

 

 

 


Langkah 3 – Pasang Sock Drat / Uniseal

Pasang sock drat pada lubang yang tadi telah dibuat, tempatkan knee drat dalam berada di sisi dalam ember dan knee drat luar tempatkan di sisi luar. Gunakan seal karet pada kedua sisi untuk menghindari kebocoran.sambungkan pipa PVC pada sisi luar sesuai kebutuhan dan pada ujung lainnya pasang knee/ elbow atau Tee sesuai konfigurasi yang akan dibuat.

Jika menggunakan uniseal, pastikan telah terpasang dengan sempurna. Masukan pipa PVC melalui lubang uniseal dan pasang knee/ elbow sesuai ukuran pipa PVC pada bagian dalam ember dan pasang knee/ elbow atau Tee sesuai konfigurasi yang akan dibuat.

 

 

 

 

 


Langkah 4 – Masukan Media Tanam

Langkah selanjutnya masukan media tanam pada dutch bucket/ ember. Untuk hasil terbaik, gunakan media tanam yang memenuhi kriteria-kriteria seperti yang disebutkan disini. Salah satu media yang direkomendasikan adalah batu apung.

 

 

 

 

 


Langkah 5 – Pasang pada Sistem Aquaponik

Dutch bucket yang telah dibuat kini siap dipasang pada sistem aquaponik. Hubungkan dengan jalur masukan (supply) dan jalur keluaran (return).

Jalur masukan bisa menggunakan pipa PVC atau selang HDPE ukuran 16 mm. Dan untuk pembagian ke masing-masing dutch bucket bisa menggunakan selang HDPE 5 mm atau 7 mm dengan menancapkan  nepel micro tee. 

 


Demikian cara membuat Dutch Bucket System semoga bermanfaat.

Anda juga dapat memesan Dutch Bucket siap pakai melalui kami, silahkan kirimkan pesan melalui WA ke 08129915599.

 

Selamat mencoba

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *