Fish tank adalah salah satu komponen utama dalam sistem aquaponik. Bahkan ini adalah komponen pertama yang perlu dipersiapkan dalam membangun sistem aquaponik. Apa saja kriteria dan hal yang perlu diperhatikan dalam memilih fish tank?


Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih Fish Tank

Sebagai tempat membesarkan ikan, fish tank harus memenuhi beberapa kriteria agar sistem aquaponik dapat bekerja secara optimal. Berikut ini adalah kriteria dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih material sebagai fish tank.

  1.  Bebas dari bahan kimia beracun yang berbahaya bagi ikan.
  2. Tidak mempengaruhi pH baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.
  3. Bahan fish tank harus kokoh dan tidak mudah rusak atau korosi.
  4. Bentuk fish tank yang ideal adalah yang tidak memiliki sudut. Dengan bentuk seperti ini maka sirkulasi air akan bekerja dengan baik dan kotoran tidak akan terperangkap sehingga mudah untuk disedot keluar. Bentuk silinder adalah yang paling ideal namun jika tidak memungkinkan dianjurkan menggunakan fish tank yang tidak memiliki sudut yang tajam.
  5. Direkomendasikan menggunakan bentuk fish tank yang memiliki permukaan yang luas agar suplai oksigen kedalam air lebih mudah. Fish tank yang bentuknya pendek dan lebar lebih baik dari yang bentuknya tinggi tapi permukaannya sempit.
  6. Tinggi fish tank yang di rekomendasikan antara 70 hingga 100 cm. Ketinggian fish tank ini akan memudahkan kita untuk melakukan aktifitas harian seperti memberi makan ikan, mengontrol kondisi fish tank dan ikan. Ketinggian ini juga untuk menjamin keselamatan terutama untuk menghindari anak balita agar tidak tercebur kedalam fish tank.
  7. Ukuran volume fish tank yang besar akan memperkecil fluktuasi suhu dan pH. Disarankan menggunakan fish tank dengan volume minimal 700 liter namun jika tidak memungkinkan dapat juga menggunakan volume yang lebih kecil dengan menjaga fluktuasi suhu dan pH.
  8. Pastikan lokasi penempatannya memiliki struktur yang kuat untuk menahan beban fish tank.
  9. Gunakan penutup fish tank untuk menghindari ikan melompat keluar. Pemakaian jaring ikan sebagai penutup adalah salah satu yang direkomendasi.
  10. Posisi outlet fish tank akan menentukan ketinggian permukaan air, posisinya disarankan sekitar 15 cm dibawah permukaan atas fish tank untuk menghindari ikan melompat keluar. Ukuran outlet disarankan menggunakan pipa ukuran pipa 1,5 hingga 2 inch agar tidak mudah tersumbat.
  11. Konektor fish tank bisa menggunakan uniseal atau bulkhead (sok drat) yang dilengkapi seal karet. Bulkhead/ sok drat biasanya berbahan dasar plastik yang keras dan cocok untuk digunakan pada fish tank dengan perukaan dinding yang datar/ rata. Sedangkan uniseal berbahan dasar karet dan bersifat fleksibel sehingga dapat digunakan pada fish tank yang memiliki dinding datar maupun melengkung.
SOK DRAT LUAR & SOK DRAT DALAM
UNISEAL

 

 

 

 

 

 

 


 

Rekomendasi Fish Tank

Berikut ini adalah bahan-bahan yang direkomendasikan dan dapat digunakan sebagai fish tank

 

IBC Tank

Intermediate Bulk Container atau IBC adalah sebuah kontainer berbentuk kubus yang biasanya terbuat dari jenis plastik polyethylene dengan rangka galvanis. Kontainer yang umumnya memiliki ukuran volume sekitar 1000 liter ini didesign agar mudah untuk dipindah dan ditumpuk sehingga sangat cocok digunakan pada industri kimia dan minuman. Dengan karakteristik tersebut maka IBC banyak digunakan pada sistem aquaponik. Namun demikian perlu diketahui apakah IBC yang akan digunakan aman bagi sistem aquaponik. Hindari IBC bekas yang sebelumnya diisi bahan kimia berbahaya. Meskipun telah dicuci dengan baik kandungan kimia tersebut sebeneranya sulit untuk dihilangkan.  

 


Bak Fiberglass

Bak yang terbuat dari fiberglass ini banyak dijual dalam bentuk kotak, bulat maupun oval dengan ukuran dan kapasitas yang beragam. Namun bak ini juga dapat di kostumisasi atau dipesan sesuai bentuk dan ukuran yang diinginkan. Bak ini banyak digunakan baik oleh perorangan maupun skala peternakan ikan. Dengan menggunakan bahan fiberglass akan memungkinkan untuk dilakukan perbaikan jika terjadi kebocoran.

 

 


Tangki Air / Toren

Tangki air atau sering disebut Toren ini berbahan dasar plastik polyethylene yang ringan. Tangki ini biasa digunakan sebagai tempat penampungan air baik di rumah maupun di Industri. Tangki yang memiliki ragam warna ini juga tersedia dalam berbagai ukuran. Dengan sedikit kreatifitas menambahkan jendela pada dinding tanki, akan membuat tampilan fish tank terlihat menarik.

 

 

 


Kolam Terpal

Kolam terpal adalah kolam yang memanfaatkan bahan terpal (plastik) sebagai pelapis kolam. Kolam jenis ini banyak diminati oleh peternak ikan karena mudah, murah dan cepat dalam pembangunannya. Terpal ini juga dapat digunakan pada kolam bentuk bulat, kotak dan bentuk lainnya. Pemasangannya dapat menggunakan rangka besi atau dihamparkan pada galian tanah. Namun demikian usia kolam jenis ini biasanya tidak terlalu lama dan sering kali terjadi kebocoran yang disebabkan goresan atau terpal yang menjadi getas karena cuaca.

 


Blue Barrel / Drum (Tong) Plastik

Drum yang terbuat dari plastik tebal ini banyak digunakan sebagai wadah pengiriman cairan atau bahan kimia karena strukturnya yang kokoh. Drum plastik yang bisa digunakan sebagai fish tank adalah yang jenis tertutup dengan kapasitas 200 liter. Drum ini menjadi salah satu yang diminati terutama oleh pemula karena cost-nya terbilang murah dan dapat dibuat dengan berbagai konfigurasi. Seperti halnya IBC, Jika memakai Drum plastik ini perlu dipastikan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

 

 


Selain barang-barang diatas masih banyak lagi yang dapat dimanfaatkan sebagai fish tank selama memenuhi kriteria yang telah disebutkan sebelumnya seperti bathtub atau bak kamar mandi. Salah satu yang juga sering banyak dipakai adalah kolam semen/ beton. Jika menggunakan kolam beton/ semen maka perlu dilakukan treatment untuk menetralisir racun dan pH yang terkandung dalam semen. Treatment yang paling sering digunakan adalah dengan batang pohon pisang.

 

 

Semoga bermanfaat.

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *